Rabu, 02 Januari 2013

Resolusi 2013

Resolusi tahun 2013 saya:

1. Saya harus lebih banyak bepergian tahun ini. Tahun lalu sungguh sangat buruk. Saya hanya pergi ke 2 tempat di luar Jakarta. Sekali ke Ujung Kulon dan satu lagi ke Bali. Kepergian ke Bali pun awalnya bukan untuk jalan-jalan, melainkan untuk keperluan konferensi. Tahun ini harus lebih baik. Tahun ini saya harus pergi paling tidak ke satu negara Asia Tenggara dan tiga tujuan domestik di luar Jakarta (tentu saja Bandung tidak masuk hitungan).

2. Terkait buku yang terbaca, tahun lalu lumayan bagus. Banyak buku bagus yang selesai saya baca. Namun, kebanyakan buku yang saya baca adalah karya fiksi dan dalam bahasa Inggris. Saya hanya berhasil menyelesaikan tiga karya non-fiksi tahun lalu, satu dari Francis Fukuyama ("the Origins of Political Order") and two from Richard Dawkins ("the God Delusion" and "the Magic of Reality"). Tahun ini, saya harus membaca paling tidak enam karya non-fiksi. Selain itu, saya juga harus membaca paling tidak 3 novel Indonesia (tahun lalu saya coba membaca novel Indonesia, karyanya Eka Kurniawan berjudul "Cantik itu Luka". Tapi saya hanya sanggup membaca hingga 5 halaman, karena membosankan sekali).

3. Terkait pekerjaan, saya perlu menemukan sesuatu yang stabil dan berjangka panjang. Saya menyenangi pekerjaan saya, tapi sayangnya pekerjaan ini tidak memberikan stabilitas dan keamanan.

4. Saya perlu menurunkan 10 kilogram berat badan. Tahun lalu berat badan saya bertambah drastis. 

5. Saya perlu membuat update berkala blog ini. Saya menciptakan blog ini pada bulan Februari tahun lalu, dan sejak itu saya punya 14 postingan untuk blog berbahasa Inggris and 17 untuk yang berbahasa Indonesia (total 31 postingan. Mereka bukan terjemahan satu sama lain). Lumayan. Tapi tahun ini saya ingin melampaui angka tersebut. Entah apakah saya bisa melakukan itu atau tidak, karena 2-3 bulan terakhir tahun lalu saya sangat malas. Tapi saya tetap meletakkan ini di sini sebagai pengingat terhadap tekad saya.

Demikianlah ke-5 resolusi saya. Semuanya akan jadi tantangan bagi saya, namun saya pikir nomor satu akan jadi yang paling sulit. Sisanya mungkin akan relatif lebih mudah dicapai daripada yang lain, saya pikir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar